Tips Merawat Keamanan pada Smartphone

Istilah perawatan tentunya sangat identik dengan penjagaan dan juga peremajaan. Pada manusia pasti ini identik dengan perawatan seperti facial atau semacamnya, tapi ini lain lho. Perawatan ini dikhususkan untuk Smartphone. Smartphone sendiri pada dasarnya adalah teknologi komputasi, sehingga tetap membutuhkan perawatan layaknya komputer.

Paling tidak ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam merawat Smartphone, yaitu perawatan rutin, kemanan, dan backup online. Yuk, simak Tips Merawat Keamanan pada Smartphone.

Tips Perawatan Gadget, Perawatan Rutin Hingga Keamanan

Perawatan rutin Smartphone

Seperti halnya manusia yang selalu memerlukan perawatan, smartphone pun juga butuh perawatan untuk menjaga performanya . Ini bisa dilakukan dengan perawatan fisik yang bisa dilakukan setiap hari .

Debu dapat menjadi salah satu masalah yang perlu anda eliminasi keberadaannya pada smartphone anda. Debu yang berkumpul pada komponen seperti kipas pendingin atau prosesor bisa menghambat kinerja komputer atau smartphone anda . Ga mau kan kinerja smartphone anda jadi “Lola “ , oleh sebab itu smartphone anda harus sering dibersihkan , agar debu tidak menumpuk dan berkumpul pada komponen kipas atau prosesor.

Selain itu ada hal lain yang perlu anda perhatikan yakni, pemakaian baterai . Segeralah copot charger setelah mengisi penuh baterai dan jangan biarkan baterai kosong. Hindari juga meletakkan smartphone di tempat panas.

Keamanan Smartphone

Seperti lingkungan perumahan yang diberlakukan keamanan 2 jam agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan . Agaknya anda pun juga harus melakukan pengamanan terhadap smartphone anda agar tidak ada data anda yang rusak maupun hilang . Paling tidak ada 4 hal yang perlu dicermati untuk kemanan smartphone.

1. Cadangan Data

Sepandai – pandainya tupai melompat pasti suatu saat akan jatuh juga , hal ini berlaku juga saat kita menyimpan data pada smartphone. Kewaspadaan yang telah kita lakukan saat penyimpanan data, tentunya sebagai manusia penggunanya kita tidak akan mampu menghindari berbagai hal yang tidak kita inginkan yang menyebabkan data kita hilang , oleh karena itu tidak ada salahnya kalau kita memuat cadangan data.

2. Mengamankan Data di Komputer Lokal

Serangan terhadap data yang tersimpan di komputer merupakan masalah keamanan klasik. Memasang anti virus dan perangkat keras keamanan lainnya merupakan keharusan dan harus diperbaharui secara berkala. Pertimbangkan juga untuk menggunakan enkripsi data. Bila digunakan lebih dari satu orang gunakan akun terpisah. Ini biasanya hanya ada pada komputer, tetapi versi terbaru Android juga sudah mendukung hal ini.

3. Mengamankan Koneksi

Masalah yang lebih sering ditemukan sekarang adalah keamanan ketika terhubung ke jaringan Internet. Karenanya kita perlu membiasakan diri untuk waspada ketika menjelajahi dunia maya. Ketika mengunjungi suatu situs, kita perlu memastikan apakah kita memang benar-benar membuka situs yang kita maksud dan tidak terjebak situs palsu alias phishing. Biasakan menggunakan koneksi HTTPS jika tersedia untuk situs yang Anda kunjungi. Ini tidak hanya bisa membantu pemeriksaan identitas, tetapi juga mencegah penyadapan.

4. Kebiasaan Sandi Aman

Kata sandi aman biasanya adalah kombinasi huruf dan angka yang lebih panjang dari delapan karakter. Biasakan untuk memilih kata sandi berbeda untuk tiap layanan atau akun baru. Bila ini dirasakan terlalu sulit, Anda dapat menggunakan pengelola kata sandi alias password manager.

Berikut di atas adalah Tips Merawat Keamanan pada Smartphone. Semoga bermanfaat.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Gadget, Tips dan Trik