Tips Merawat Mouse Supaya Awet

Bagi anda yang bekerja dengan PC atau komputer tentu tidak asing lagi dengan yang namanya mouse atau biasa disebut tetikus. Mouse merupakan hardware yang sangat vital untuk sebuah PC atau komputer. Bahkan saat ini kebanyakan pengguna laptop juga memakai mouse. Berikut kami berikan cara-cara untuk merawat mouse dengan baik agar mouse anda tidak cepat rusak dan tentunya juga akan memperkecil pengeluaran anda dengan tidak terlalu sering membeli mouse.

Cara Merawat Mouse Supaya Awet

Tips Merawat Mouse Supaya Awet :

1. Jauhkan mouse anda dari benda cair yang mudah jatuh

Cara yang pertama ini mungkin ada keterkaitan dengan kebiasaan anda. Bagi kebanyakan orang yang senang online mungkin tidak asing lagi dengan hal ini. Biasanya bila orang yang senang online selalu tidak luput dari makanan ringan ataupun minuman seperti snack, gorengan, teh, kopi, mie rebus, dll. Bila anda termasuk orang yang mempunyai kebiasaan seperti itu, maka mulai saat ini jangan biasakan meletakkan benda-benda cair di dekat laptop atau mouse anda. Karena jika benda cair itu tumpah maka akan membuat alat alat elektronik anda menjadi bermasalah.

2. Pastikan tangan anda kering sebelum memegang mouse.

Bila tangan anda sedang basah, alangkah baiknya terlebih dahulu anda keringkan sebelum anda memegang mouse. Hal ini dimaksudkan agar mouse tidak terkena rembesan air pada tangan anda.pada saat anda memegang mouse.

3. Saat anda mengklik mouse, usahakan jangan terlalu kasar

Kebiasaan inilah yang paling sering merusak mouse.Hal seperti ini kerap terjadi ketika seseorang sedang marah atau kesal terhadap koneksi yang lambat atau komputer berat, biasanya kerap mengklik mouse dengan kasar atau bahkan membanting mouse. Bila anda menginginkan mouse anda tahan lama dan awet, jangan pernah lakukan hal seperti itu.

4. Gunakanlah mouse pad

Sebaiknya anda selalu menggunakan alas untuk mouse (Mouse pad) saat anda bekerja, hal ini dimaksudkan agar mouse anda selalu terjaga kebersihannya. Bila anda menggunakan mouse optik, usahakan jangan menggunakan alas yang mengkilap.

5. Gunakan Joystick ketika bermain game

Bila andasenang bermain game, sebaiknya anda membeli joystick untuk bermain. Jangan anda gunakan mouse untuk bermain, karena mouse fungsinya bukanlah untuk bermain game. Dengan begitu anda tidak perlu menggunakan mouse untuk bermain game, bila anda menggunakan mouse maka akan merusak mouse anda.

6. Perhatikan Kebersihan Optik Mouse Anda

Sebaiknya anda rutin membersihkan optic mouse anda. Anda dapat membersihkan tiap 1 bulan sekali atau 2 bulan sekali dengan menggunakan alcohol atau cutton bud.

7. Pastikanlah kabel mouse anda aman

Selalu cek dan perhatikanlah mouse anda. Jangan sampai kabel mouse anda tidak terjepit meja komputer.

Mungkin hanya itu yang dapat kami sampaiklan tentang cara merawat mouse agar tidak cepat rusak, tahan lama dan tetap terjaga. Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Hardware, Tips dan Trik