5 Tips Merawat Ponsel Agar Tidak Mudah Rusak

Merawat ponsel sangatlah dibutuhkan agar tidak mudah rusak. Ketika kita sudah mampu membeli, kita juga harus mampu merawat. Menghargai jerih payah ketika membeli merupakan salah satu alasan untuk merawat ponsel. Tetapi selain itu, juga karena untuk menjaga performa dan keawetan dari ponsel itu sendiri.

Ada begitu banyak tips merawat ponsel kamu mulai dari versi Android hingga iOS. Merawatnya tentu butuh ketelatenan dan kepedulian dari sang pemilik. Layaknya merawat hewan peliharaan yang begitu disayang oleh pemiliknya, ponsel juga berhak mendapat “kasih sayang” berupa perawatan rutin.

Nah, berikut ini ada beberapa tips merawat ponsel agar tidak mudah rusak. Simak yuk!

1. Tips merawat ponsel: Berikan waktu istirahat

Tips Merawat Ponsel Agar Tidak Mudah Rusak

Berikan waktu istirahat pada ponselmu. Nonaktifkan ponselmu secara berkala untuk mencegah terjadinya overload atau terlalu panas. Sama halnya seperti manusia, ponsel juga bukan mesin yang tidak bisa rusak. Bahkan bisa dikatakan rentan jika perawatannya kurang rutin.

Suhu yang panas ketika ponsel digunakan terus-terusan akan mengakibatkan penurunan performa pada ponsel. Pun, baterai juga akan kena imbasnya karena terlalu diforsir, sehingga dayanya menurun. Karena itu, istirahatkan ponselmu dengan cara menonaktifkan dalam jangka waktu tertentu. Misal, pas kamu tidur.

2. Gunakan ponsel seperlunya

Tips Merawat Ponsel Agar Tidak Mudah Rusak

Menggunakan ponsel dengan baik salah satu caranya adalah dengan menggunakannya saat pas kita perlu saja. Perlu menghubungi teman lama untuk menanyakan kabarnya. Namun ini juga tidak boleh kebablasan sampai berjam-jam sehingga kamu lupa pekerjaan dan kewajiban.

Gunakan ponsel sewajarnya, seperlunya. Jangan sampai menggunakan ponsel sebagai pelampiasan untuk lari dari tanggung jawab pekerjaan atau kuliah. Ini justru akan berakibat dua dampak negatif, yakni ponsel bisa turun performanya dan tanggung jawab pekerjaan bisa terbengkalai.

3. Rutin membersihkan ponsel

Tips Merawat Ponsel Agar Tidak Mudah Rusak

Merawat ponsel agar tidak cepat rusak, cara berikutnya adalah dengan rutin membersihkan ponsel secara berkala. Rutin bersihkan ponsel dengan menggunakan tissue di bagian layarnya, usap hingga bersih. Begitu pula jika ponselmu dapat dibuka casing-nya, coba bersihkan bagian dalamnya.

Sama seperti ketika kita merawat diri kita sendiri dengan cara membersihkan diri. Kamu juga butuh membersihkan ponsel dengan cara-cara yang sudah ada. Bukan saja membersihkan dari luar, tapi juga dari dalam. Yakni dengan menghapus file-file tidak penting atau justru berbahaya seperti malware.

4. Tidak muluk-muluk dalam install aplikasi

Tips Merawat Ponsel Agar Tidak Mudah Rusak

Sesuaikan ponselmu dengan aplikasi yang ingin kamu install. Sesuaikan kapasitas dan spesifikasi yang ada dalam ponselmu. Apabila ponselmu belum mampu untuk menginstall game-game berat, maka sebaiknya pilih game-game yang ringan saja. Demi kesehatan mesin yang ada dalam ponselmu.

Sebab bagaimanapun juga, mesin punya batas tertentu. Jika dipaksakan, maka kemungkinan besar, mesin tersebut akan turun performanya, dayanya, atau malah berujung pada kerusakan. Karena itu, sesuaikan aplikasi yang ingin kamu install dengan kapasitas ponselmu sekarang.

5. Lindungi dengan antigores dan casing

Tips Merawat Ponsel Agar Tidak Mudah Rusak

Cara merawat ponsel agar tidak mudah rusak yang terakhir dari bangbiwa adalah dengan melindungi ponsel. Melindunginya dengan antigores dan casing. Sebab kita tidak pernah tahu apabila tiba-tiba sedang tidak fokus dan ponsel kita jatuh. Bisa-bisa kalau tidak dilindungi, layar retak dan mesin terkena kerusakan.

Casing dan antigores juga tidak mahal-mahal amat. Ada banyak model yang harganya terjangkau dan sesuai dengan kantong. Karena itulah cobalah untuk berinvestasi membeli antigores dan casing ponsel demi menjaga mesin ponsel dan layarnya tidak terkena kerusakan apabila jatuh tiba-tiba.

Itu dia tadi sederet tips merawat ponsl agar tidak mudah rusak. Tips mana saja yang sudah kamu terapkan? Atau, jangan-jangan, kamu belum sama sekali menerapkannya satu tips pun? Wah, hati-hati yah. Demi keawetan ponselmu, sebaiknya lakukan tips di atas. Semoga bermanfaat ya.

Bagikan...Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter



, , Sharing, Tips dan Trik