Tips Merawat Power Bank agar Awet

Tips merawat power bank mungkin banyak yang belum mengetahui, meskipun tak sedikit pengguna telah menjajal betapa besar manfaat power bank. Di mana power bank itu sendiri muncul sebagai alternatif layanan untuk menunjang kelancaran pengguna dalam mengoperasikan perangkat canggihnya, seperti smartphone dan tablet pc. Hal ini berawal dari pentingnya penggunaan gadget sehingga dibutuhkan aksesoris tambahan guna menyelaraskan fungsional daripada gadget itu sendiri. Keberadaan power bank tentu saja akan memudahkan pengguna dalam melancarkan mobilitas menggunakan perangkat mobile andalan masing-masing.

Gambar Tips Merawat Power Bank
Gambar Tips Merawat Power Bank

Tips Merawat Power Bank Agar Awet

Sebagaimana kita ketahui bersama, kerapkali terlihat banyak orang mempergunakan power bank tidak semestinya. Dalam artian bahwa masih salah dalam penggunaan. Untuk kesalahan-kesalahan tersebut tidak akan disebutkan, sebab akan dibahas pada kumpulan tipsnya nanti. Selain penggunaan yang salah, power bank juga rentan terkena kerusakan. Mengingat power bank hanya perangkat elektronik biasa. Nah, untuk mengatasi ataupun mencegah hal-hal yang tidak diinginkan pada power bank Anda, maka sepatutnya menyimak ulasan berikut ini mengenai tips merawat power bank agar awet.

  1. Pengisian Power Bank
    Usahakan untuk mengisi secara penuh power bank Anda. Hal ini dilakukan agar fungsional tetap terjaga dengan baik. Apabila diisi sesering mungkin, padahal masih terdapat energi pada power bank, maka kinerja power bank akan mengalami penurunan.
  2. Perhatikan Kapasitas
    Perhatikan sebesarapa besar kapasitas power bank Anda. Seperti misalnya, saat men-charge power bank 5800 mAh maka diperlukan waktu sekitar 8 jam. Apabila dalam waktu lebih cepat misalnya 2-3 jam sudah terisi penuh, maka power bank tersebut dapat dikatakan tidak lagi optimal atau mungkin tengah mengalami kerusakan.
  3. Hindari Suhu Ekstrem
    Mengingat perangkat power bank yang notabene alat elektronik tentu tak kebal dengan berbagai suhu ekstrem. Jangan letakkan power bank di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Jangan pula ditempatkan pada tempat yang dekat dengan suhu panas seperti kompor. Selain itu, usahakan juga untuk tidak menempatkan power bank di tempat yang lembab, apalagi terkena air.
  4. Matikan Gadget saat Menggunakan Power Bank
    Ini yang harus diperhatikan. Jika Anda menggunakan power bank sembari beraktivitas dengan gadget Anda, maka hal itu sepatutnya harus segera Anda tinggalkan. Hal ini cukup beralasan, mengingat power bank harus menyuplai energi dua kali lipat agar tetap bisa menghidupkan gadget Anda. Dengan ini maka diprediksi umur power bank Anda tidak akan lama lagi atau dengan kata lain akan cepat rusak.

Tips dan trik yang paling fundamental adalah gunakan power bank secara semestinya. Apabila masih bisa ditemukan sumber listrik, dan masih tersedia charger gadget Anda, maka sebaiknya charge manual terlebih dahulu. Baru, jika sedang mengalami kondisi darurat yakni jauh dari sumber listrik maka dapat mempergunakan power bank. Demikian, terima kasih telah membaca artikel kami tentang Tips Merawat Power Bank agar Awet.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Gadget, Tips dan Trik