Tips Merawat RAM, CPU dan Motherboard Agar Tetap Awet

RAM, CPU dan Motherboard merupakan perangkat keras komputer atau sering disebut hardware. Ketiganya sangat penting bagi kecepatan dan kelancaran akses komputer anda. Agar selalu dalam keadaan baik, ketiga hardware tersebut harus dibersihkan dan dijaga. Bagaimana caranya Merawat RAM, CPU dan Motherboard Agar Tetap Awet? Berikut ulasannya.

Tips Merawat RAM

Daftar Harga RAM Komputer Terbaru

Hal pertama yang harus dilakukan dalam membersihkan RAM adalah mengeluarkannya dari PC anda yang sebelumnya sudah tidak terhubung dengan aliran listrik. Kemudian siapkan kuas lembut dan kertas. Bagian pertama yang harus anda bersihkan adalah benkRAM atau tempat melekatnya memori. Bersihkan dengan menggunakan kuas. Untuk RAM yang tidak terbaca atau hanya dapat dibaca sebagian saja bisa menggunakan penghapus pensil. Pada bagian tembaga yang menempel dengan motherboard sebaiknya juga dibersihkan, apalagi bila terlihat ada karat di sana. Nah, sekarang RAM anda telah bersih dan bisa dipasang kembali ke PC. Untuk mengetahui hasilnya bisa menghidupkan PC anda.

Tips Merawat CPU

processor

CPU bagaikan otak pada manusia sehingga perlu dijaga agar jalannya komputer tetap lancar. Pertama, hubungkan CPU dengan stavolt yang dapat mengontrol tegangan pada komputer. Bila sewaktu-waktu lampu mati CPU tetap aman. Kedua, segera setelah tidak digunakan tutuplah CPU dengan kain tipis agar tidak ada debu yangmenempel disana. Ketiga, bila memungkinkan pasang AC di tempat anda meletakkan CPU. Keempat, bersihkan CPU setiap enam bulan sekali atau kurang dari itu. Hal ini bisa dilakukan di bengkel atau dibersihkan sendiri bila anda mengetahui caranya.

Perangkat CPU yang harus dibersihkan adalah harddisk, kemudian power suppy. Kalau kedua perangkat ini kotor mengakibatkan CPUmudah panas dan akhirnya rusak. Untuk harddisk bisa dibersihkan dengan disk cleaner khusus agar lebih sempurna. Jangan pernah menaruh cairan dalam bentuk apapun di atas CPU yang mengakibatkan gangguan bila tumpah. Letakkan CPU minimal 30 cm dari dinding agar ada ruang untuk ventilasi. Ini cara agar CPU tidak lekas panas.

Tips Merawat Motherboard

motherboard asus

Cara menjaga kualitas motherboard tentunya dengan membersihkan dengan kompresor udara atau kuas minimal 3 bulan sekali. Bersihkan mainboard yang berhubungan dengan lainnya dari debu. Jangan lupa untuk mengecek jumlah baut agar tidak ada yang tertinggal setelah anda membersihkannya.

Perlu diperhatikan, saat membersihkan komponen komputer sebaiknya dilakukan dengan hati-hati, jangan sampai terkena percikan air, jangan sampai ada komponen yang patah, bengkok atau hal lain yang dapat merusak hardware. Itu tadi tips merawat RAM, tips merawat CPU dan tips merawat Motherboard Agar tetap awet, semoga bermanfaat.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
, , Hardware, Tips dan Trik