Tips Merawat Smartphone Anti Air yang Harus Anda Ketahui

Fitur sebuah ponsel adalah salah satu hal yang seringkali dijadikan bahan pertimbangan oleh setiap orang yang hendak membeli smartphone baru. Nah, salah satu fitur yang seringkali dijadikan rujukan tersebut adalah fitur smartphone anti air serta debu. Fitur ini termasuk fitur unggulan yang biasanya hanya disematkan pada smartphone kelas menengah ke atas.

Meski fitur ini cenderung membuat smartphone menjadi terlindungi dari air, tetap saja para pemilik harus memberikan perawatan yang lebih pada perangkat yang satu ini supaya bisa berusia lama. Perawatan apa yang dimaksud? Simak saja informasi singkat berikut untuk mendapatkan jawabannya.

Tips Merawat Smartphone Anti Air yang Harus Diterapkan

Jangan Langsung Mengajak Smartphone Berenang

Ini adalah hal penting yang perlu diperhatikan, karena selama ini banyak sekali orang yang bangga dengan smartphone berfitur tahan air sehingga mereka cenderung langsung menggunakannya saat berenang. Faktanya adalah, setiap smartphone tahan air itu tidak benar-benar tahan dengan benda cair tersebut karena fitur ini juga menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Maksudnya adalah benar-benar perhatikan apa yang hendak Anda lakukan dan sebaiknya jangan menggunakannya untuk aksi yang ekstrem seperti melompat dari ketinggian untuk kemudian menyeburkan diri ke sungai atau badan air yang lainnya.

Jangan Menggunakan Headset Secara Sembarangan

Jika Anda mendapatkan smartphone tersebut lengkap dengan headset-nya, sebaiknya Anda terus menggunakan headset tersebut dan jangan sembarangan memasang headset lainnya secara sembarangan. Hal ini dikarenakan port untuk menyambungkan perangkat headset itu sudah dilengkapi dengan lapisan anti air yang berfungsi mencegah air untuk masuk ke dalamnya.

Oleh pihak vendor, port tersebut pastinya sudah disesuaikan dengan perangkat yang memang benar-benar bawaan dari pabrik sehingga semuanya sudah terukur dengan pas dan benar-benar presisi. Jadi, kalau Anda menggunakan perangkat headset yang lain, ada kemungkinan terjadi ketidaksesuaian antara socket headset dengan port yang dimaksud.

Jika ketidaksesuaian ini benar-benar terjadi, besar kemungkinan lapisan yang terdapat pada port headset menjadi rusak sehingga apabila diajak berenang, air bisa dengan mudah masuk ke dalam smartphone melalui lubang tersebut.

Jangan Terlalu Sering Membuka Slot Baik untuk Kartu SIM ataupun Micro SD

Biasanya, smartphone anti air akan menggunakan baterai tanam atau unibody battery sehingga tidak dapat dilepas. Hal ini dilakukan untuk mendukung fitur anti air tersebut. Karenanya pihak vendor kemudian menyediakan slot untuk kartu SIM dan Micro SD secara terpisah pada bagian tertentu dari smartphone.

Coba perhatikan dua slot tersebut. Anda pasti bisa melihat adanya semacam karet disana bukan? Karet itu adalah karet pelindung yang dinamakan dengan sealant. Fungsinya adalah untuk mempersempit celah yang terdapat pada dua slot yang dimaksud dengan sistem kerja yang dibuka dan ditutup.

Nah, apabila Anda terlalu sering membuka dua slot itu untuk mengganti kartu memori ataupun kartu SIM, ini memperbesar kemungkinan karet untuk renggang atau bahkan sobek sehingga fitur tahan air menjadi tidak berguna lagi.

Itulah 3 tips yang benar-benar harus diperhatikan oleh Anda jika Anda mempunyai sebuah smartphone anti air dan debu. Kuncinya adalah tetap anggap smartphone sebagai benda yang mudah rusak sekalipun di dalamnya sudah terbenam fitur tertinggi sekalipun. Semoga bermanfaat.

Bagikan...Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter