Tips Mudah Cara Menambah Kapasitas RAM Tanpa Software

Menambah kapasitas RAM nampaknya akan menjadi solusi utama saat keadaan genting yang menghadapkan pengguna komputer/laptop tengah panik karena aplikasi yang ada di dalam perangkat tidak berjalan dengan lancar. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa fungsi RAM sangatlah fital. Karena erat hubungannya dengan daya gedor peforma, maka sebaiknya pengguna harus memberikan perhatian khusus. RAM yang merupakan kependekan dari Random Access Memory, memiliki kapasitas yang bisa dibilang terbatas. Dengan demikian, maka bagi Anda yang menginginkan kapasitas RAM lebih besar untuk melancarkan aplikasi-aplikasi yang berjalan pada perangkat komputer/laptop Anda, dapat menyimak ulasan singkatnya di bawah ini.

Cara Menambah Kapasitas RAM Tanpa Software dengan Mudah dan Aman

Sebelum menuju ke pembahasan trik dan cara menambah kapasitas RAM tanpa menggunakan software, perlu Anda siapkan sebuah perangkat eksternal berupa Flashdisk. Pastikan tidak ada virus maupun malware yang menghinggap di dalam perangkat Flashdisk Anda tersebut. Nah, setelah siap maka langsung saja terapkan langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menghubungkan perangkat Flashdisk ke komputer/laptop.
  • Setelah terhubung, klik kanan pada device Flashdisk Anda, lalu pilih Properties.
  • Kemudian pilih tab ReadyBoost. Tunggu beberapa saat agar komputer/laptop Anda memroses terlebih dahulu apakah perangkat Flashdisk yang telah dihubungkan layak dijadikan RAM virtual atau tidak. Jika memang layak, maka akan muncul ketersediaan checklist.
  • Checklist “use this device”, kemudian atur sendiri kapasitas RAM yang diinginkan.
  • Klik Apply, lalu OK.

    Menambah Kapasitas RAM
    Menambah Kapasitas RAM

Nah, itulah cara sederhana yang dapat Anda terapkan untuk menambah kapasitas RAM pada komputer/laptop Anda. Ini tentu sangatlah bermanfaat, mengingat fungsi RAM yang sebegitu penting dan fitalnya pada sebuah perangkat laptop/PC.

Menambah Kapasitas RAM

Apabila Anda menginginkan kinerja perangkat kesayangan Anda semakin cepat dan tanpa gangguan sedikitpun, maka disarankan untuk memperluas kapasitas daya tampung RAM dengan cara sebagaimana telah tertera di atas. Terima kasih kepada Anda telah menyempatkan sedikit waktunya untuk sekedar menyimak bacaan mengenai cara menambah kapasitas RAM tanpa software.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Hardware