Tips Streaming Video Dengan Lebih Nyaman

Berikut ini adalah beberapa tips streaming video dengan lebih nyaman. Masalah yang seringkali muncul saat kita menonton video di internet adalah buffering atau macet-macet yang dipicu koneksi internet tidak stabil. Biasanya ini terjadi saat kita ingin menonton video dengan resolusi tinggi. Menghubungi ISP tidak serta-merta menyelesaikan masalah sebab koneksi internet lambat bisa terjadi karena berbagai faktor, termasuk salah satunya jam akses. Mengakses internet di jam-jam puncak pemakaian seperti siang hari memang bisa membatasi kecepatannya. Namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk sedikitnya mengurangi proses buffering.

Tips Streaming Video Dengan Lebih Nyaman

  • Pertama anda bisa melakukan pengecekan kecepatan internet. Ini untuk mengetahui apakah masalah ada pada modem atau kecepatan internet anda. Ada beberapa tool online yang bisa dipergunakan untuk mengecek kecepatan internet, seperti Speedtest. Untuk menonton video berkualitas 360p, biasanya kecepatan 512kbps ke atas sudah mencukupi. Jika kecepatan internet anda di atas 1 Mbps, maka seharusnya tidak ada proses buffering saat menonton video. Sebaiknya cari tahu berapa batas kecepatan yang dijanjikan oleh ISP untuk paket yang dipesan. Jika ternyata kecepatannya jauh di bawah yang dijanjikan, sebaiknya beralih ke provider lain yang menawarkan kecepatan lebih tinggi. Jika ada masalah pada modem, mungkin penyedia internet anda bersedia untuk melakukan pengecekan dan bahkan menggantinya dengan yang baru bila diperlukan.
  • Tips berikutnya jika anda memakai interne wireless, coba periksa lagi apakah antena router sudah terpasang sebagaimana mestinya dan tidak ada hambatan di sekitarnya sebab halangan apapun bisa mempengaruhi kekuatan sinyal. Ada jenis sinyal tertentu yang tidak bisa menembus lapisan padat dengan baik. Jadi bersihkan ruangan dimana anda meletakkan router agar sinyal sampai ke tempat dimana anda mengoperasikan komputer.
  • Agar bisa streaming video dengan lebih nyaman, anda juga bisa menunggu hingga video terload dengan sempurna, baru kemudian di putar. Tidak hanya di Youtube saja, tapi kebanyakan situs streaming video menyediakan indikator yang menunjukkan seberapa jauh sebuah video sudah diload. Ini bisa anda lihat pada time-bar di bagian bawah video. Biasanya ada semacam garis transparan yang menunjukkan seberapa jauh video telah diload. Jika garis tersebut sudah menyentuh sisi paling kanan jendela video, itu menunjukkan konten video telah diload secara sempurna, dan jika anda ingin memutarnya, tidak akan ada proses buffering lagi. Ini bisa menjadi alternatif jika anda bosan menunggu lama meskipun koneksi internet tidak sedang prima.
  • Tips lain yang mungkin berguna adalah mematikan internet perangkat di jaringan router yang sama sebab mungkin saja beberapa perangkat tersebut memakai internet secara konstan, misalnya untuk update aplikasi.

Sekian tips streaming video dengan lebih nyaman.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
, Tips dan Trik