Trik WhatsApp Yang Mungkin Anda Belum Tahu

WhatsApp telah menjadi bagian dari hidup kita. Aplikasi chatting semacam ini secara perlahan menggantikan posisi SMS sebagai cara konvensional untuk berkomunikasi melalui pesan. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang sangat sederhana, sehingga tidak sulit bagi kita untuk mempelajarinya. Namun mungkin ada beberapa fitur yang terlewatkan. Berikut ini adalah beberapa fitur tersembunyi yang bisa anda pelajari.

Trik WhatsApp Yang Mungkin Anda Belum Tahu

Yang pertama adalah mendiamkan grup chat dan notifikasi. Grup chat bisa sangat mengganggu terutama jika anda tidak terbiasa dengan suara yang ditimbulkannya. Namun sebenarnya anda bisa melakukan sesuatu, yakni mematikan suara tersebut. Pertama anda harus masuk ke menu grup chat, kemudian tekan tombol Menu, dan tekan Mute. Berikutnya anda harus mencari rentang waktu yang ingin anda matikan suaranya. Ada juga opsi untuk mematikan notifikasi untuk periode tertentu. Berikutnya ada pula opsi untuk mematikan media agar bandwith bisa lebih hemat.

WhatsApp juga memungkinkan pengguna untuk menentukan apa yang ingin diunduh menggunakan data mobile. Kemudian ada pula opsi untuk menentukan kapan anda ingin terhubung dengan Wi-Fi. Berikut ini adalah cara melakukannya. Pergi ke menu Settings > Chat Settings > Media Auto-Download. Dari sini anda bisa menentukan kapan anda perlu audio, gambar, serta berbagai jenis file lainnya untuk diunduh ke Smartphone anda.

Meski punya tampilan sederhana, WhatsApp tetap punya beberapa fitur dasar yang umum ditawarkan oleh aplikasi messaging online, salah satunya adalah opsi untuk mengganti foto profil. Ini termasuk salah satu fitur yang baru ditambahkan ke dalam aplikasi. Coba klik avatar anda yang posisinya ada di pojok kiri. Dari sana anda bisa mengupdate foto profil sesuai dengan keinginan. Selain mengganti foto dengan kamera, opsi lain juga tersedia yakni mengganti foto dengan yang tersimpan di hard drive.

Fitur ini juga bisa bekerja untuk grup dimana anda berposisi sebagai adminnya. Kemudian jika anda ingin menonaktifkan tampilan last seen dan read receipts, anda juga bisa melakukannya. WhatsApp secara default merekam aktivitas kita, yakni kapan terakhir kita memakai aplikasi tersebut. Beberapa orang lebih senang jika aktivitas mereka tidak dipantau. Anda bisa melakukan pengaturan ini dari menu Settings > Account > Privacy. Itu tadi beberapa trik WhatsApp yang mungkin belum pernah anda coba sebelumnya.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+