Tutorial Cara Merakit Komputer Sendiri

Sebelum merakit Komputer /PC pastikan peralatan yang dibutuhkan tersedia, peralatan yang dibutuhan seperti obeng, tang, AVO meter (jika ada), solder, timah solder, isolasi, tali pengikat kabel dan buku catatan telah tersedia. Solder dan AVO meter tidak terpakai jika komponen yang digunakan masik baik, atau kata lain AVO meter dan solder hanya optional saja. tanpa basa basi langsung saja kita simak Tutorial Cara Merakit Komputer Sendiri.

cara merakit komputer

Langkah kerja perakitan Komputer/PC:

  1. Siapkan alat dan bahan yang digunakan, seperti obeng, dll
  2. Buka penutup casing, lalu pasangkan power supply terlebih dahulu
  3. Pasang motherboard ke dalam casing, lalu bautkan
  4. Buka dan bacalah buku manual reference yang sesuai dengan komponen anda. Contohnya jika anda membeli motherboard maka biasanya setiap pembelian motherboard mendapatkan buku manual user guidenya.
  5. Pasangkan disk drive, hard disk, dan DVD/CD ROM drive ke casing pada tempat yang telah disediakan pada casing, pasanglah dengan rapi, benar, dan kuat
  6. Pasangkan prosesor beserta pendingin (thermal past) dan kipasnya pada motherboard dengan hati-hati dan benar
  7. Pasangkan RAM pada motherboard (slot RAM pada motherboard harus sama, misalnya motherboard yang berslot DDR 3, maka pasang RAM dengan slot DDR juga)
  8. Instalasi pengkabelan motherboard sebaiknya mengacu pada buku manual user guide yang diberikan saat pembelian motherboard tersebut. (kabel : power, kipas, disk drive, harddisk, DVD/CD ROM drive, LED, tombol reset, power, dsb)
  9. Pasangkan kabel power ke disk drive, harddisk, dan CD ROM Drive
  10. Pasangkan kabel ke disk drive, hard disk, dan DVD/CD ROM drive dengan urutan yang benar
  11. Pasangkan semua card I/O (input/output) yang ada pada slot yang tersedia di motherboard dengan benear kemudian disekrup pada pemegangnya supaya kuat dan kokoh
  12. Cek kembali semua sambungan dan pemasangan komponen sudah terpasang dengan benar atau belum, apabisa sudah nyalakan komputer/pc anda

Baru saja anda membaca Tutorial Cara Merakit Komputer Sendiri. Referensi: Pendalaman materi produktif TKJ 2011/2012 oleh KKGMP TKJ Smk Yadika.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Komputer, Tutorial