Tutorial Ganti Background Cantik dengan Photoshop

Anda ingin mengubah background foto agar sesuai dengan keinginan? Ada beberapa software yang bisa digunakan yaitu coreldraw, potoscape dan photoshop. Kali ini kita akan menggunakan software photoshop yang dinilai lebih mudah dan komplit dalam masalah foto dan gambar. Berikut TutorialĀ Ganti Background Cantik dengan Photoshop.

Pertama aktifkan halaman photoshop anda. Kemudian klik ikon menu di kiri atas, kemudian klik open dan pilih foto atau gambar mana yang ingin diganti backgroundnya. Tekan tombol ctrl+J untuk memunculkan layer.

Tutorial Ganti Background Cantik dengan Photoshop

Pilih salah satu alat pemotong bisa polygonal lasso tool atau magic wand tool. Kemudian pisahkan gambar dengan backgroundnya. Caranya dengan mengarahkan kursor pada bagian pinggir foto atau gambar dan klik disitu. Sampai batas mana yang anda ingin ubah warnanya. Disitu akan muncul garis putus-putus sebagai pembatas. Bila ternyata garisnya melebihi yang anda inginkan bisa dikurangi dengan mengklik ikon yang bertanda minus.

magic wand tool photoshop

Selanjutnya klik kanan pada background layer kemudian pilih delete layer. Anda juga bisa langsung mendelete dengan tombol pada keybord. Kemungkinan pada foto yang anda inginkan masih ada sisa. Untuk menghilangkannya klik eraser tool, kemudian pilih ukuran eraser. Hapuslah bagian pinggir background yang tersisa. Agar lebih mudah klik zoom tool pada menu tool box pada sisi kiri. Bila ingin memastikan apakah gambar sudah bersih atau belum bisa dengan mengklik layer, kemudian klik lagi layer style dan stroke. Bersihkan lagi eraser tool di luar garis-garis merah. Setelah selesai bisa dihilangkan centang pada stroke dengan mengulangi langkah awal dari layer tadi.

Saatnya mengganti background sesuka hati anda. Bisa dengan klik blending option, klik lagi gradient overlay. Bisa juga dengan klik open, pilih file yang akan dijadikan background, atur kontras warnanya. Kemudian pindahkan gambar yang sudah diperbaiki tadi dengan mengklik move tool, kemudian pindahkan gambar atau foto ke file yang kedua. Nah, sekarang background sudah diganti. Untuk memperbaiki bisa diubah kontras atau warnanya. Cara ini juga bisa diterapkan untuk mengubah background foto dari merah ke biru atau sebaliknya. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Software, Tutorial