Tutorial Membuat Form Nilai di OpenOffice Calc

Aplikasi berbasis excel ini dibutuhkan untuk membuat form nilai, entah itu nilai mahasiswa, nilai rapor, dan lain-lain. Lalu bagaimana caranya? langsung saja Tutorial Membuat Form Nilai di OpenOffice Calc. Tanpa basa-basi untuk membuat Form Nilai Mahasiswa sebagai contoh buatlah 10 nama mahasiswa, lalu masukan nilai UTS dan UAS nya, serta Max, Min, Rata-Rata, dan Jumlah untuk dihitung nantinya.

Jika sudah, lalu hitung jumlah Max, Min, Rata – Rata, dan Jumlah tersebut, caranya menggunakan rumus. Untuk menghitung rumusnya gunakan perintah ini:

  • Max =MAX
  • Min =MIN
  • Rata – Rata = AVERAGE
  • Jumlah = SUM

Max digunakan untuk mencari nilai maksimal cell dari data yang dipilih, contoh penulisannya adalah =MAX(nilai1;nilai2;…)

Min digunakan untuk mencari nilai minimal cell dari data yang dipilih, contoh penulisannya adalah =MIN(nilai1;nilai2;…)

Average digunakan untuk menghitung rata-rata cell dari data yang dipilih, contoh penulisannya adalah =AVERAGE(nilai1;nilai2;…)

SUM dignakan untuk menjumlahkan cell dari data yang dipilih, contoh penulisannya adalah =SUM(nilai1;nilai2;…).

Tutorial Membuat Form Nilai di OpenOffice Calc

Setelah dihitung dengan menggunakan rumus hitung Nilai Ujian Final dengan nilai UTS 70% dan UAS 30%, caranya 0,7 dikalikan uts ditambah 0,3 dikalikan uas. Jadinya =(0,7*C3)+(0,3*D3) jika sudah untuk mempercepat waktu geser kotaknya ke bawah dengan menggunakan mouse.

Tutorial Membuat Form Nilai di OpenOffice Calc

Lalu hitung keterangan, caranya menggunakan rumus IF, jika nilai ujian lebih dari 75 Lulus, jika dibawah 75 Gagal. Jadinya =IF(E3 >75;”LULUS”;”GAGAL”) untuk mempercepat geser kotak ke bawah dengan menggunkan mouse.

Setelah sudah semuanya, buat Diagram nya untuk mempermudah pembacaan penilaian, caranya Insert lalu pilih Chart, lalu pada Data Range block dari No sampai Nilai Ujian Final, lalu Finish

Yap, begitulah tutorial singkat Cara Membuat Form Nilai di OpenOffice Calc. Kini anda dapat mempraktikannya langsung di OpenOffice Calc anda.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Software, Tutorial