Tutorial Proteksi Folder Dengan Command Prompt

Dalam pemakain command prompt ada cara supaya folder terproteksi, lalu Bagaimana Cara Proteksi Folder Dengan Command Prompt?

Saya ingin memproteksi folder/directory bangbiw di Local Disk D, langkah pertama adalah buka Command Prompt dengan cara Start Menu > All Programs > Accessories > Command Prompt, setelah muncul command prompt kita masuk ke Local Disk D, dimana folder/directory bangbiw berada, untuk memproteksi folder perintahnya adalah:

cacls bangbiw /p everyone:n

Lalu command prompt akan menanyakan “Are you sure (Y/N)?” ketik Y untuk YES, dan ketik N untuk NO.

cacls-2

Setelah kita memilih Y untuk YES maka folder/directory sudah diproteksi, cara mengeceknya dengan buka folder tesebut, maka akan muncul pesan You don’t currently have permission to access this folder. Maka folder/directory sudah sukses terproteksi.

Tutorial Proteksi Folder Dengan Command Prompt

Lalu bagaimana cara mengembalikannya? Masukan perintahnya, perintahnya hampir sama hanya menggantikan everyone:n menjadi everyone:f

cacls bangbiw /p everyone:f

Tutorial Proteksi Folder Dengan Command Prompt

Setelah memasukan perintah tersebut maka folder/directory kembali normal. Untuk mengetahui fungsi dari cacls cukup memasukan perintah cacls/?

Disini sebenarnya kita menggantikan hak akses folder/directory melalui command prompt,

  • N = None (user tidak memiliki hak)
  • R =Read (user hanya boleh membacanya saja)
  • W =Write (user diijinkan memodifikasi data)
  • C = Change (user diijinkan memodifikasi data, fungsi hampir sama dengan Write)
  • F = Full Control (user memiliki hak penuh)

Setelah mempelajari Tutorial Cara Proteksi Folder Dengan Command Prompt, anda bisa langsung mempraktekannya di windows anda. Baca juga Cara Menghapus Directory Dengan Perintah Command Prompt.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Tutorial, Windows