Punya Handphone Baru? Simak Tips and Trik Ini agar Handphone Barumu Tetap Awet Terawat

Punya handphone tapi kok cepet banget rusaknya, ya? Kalian pasti pernah bertanya-tanya seperti itu, kan? Mungkin saja cara kamu dalam memakainya atau bahkan merawatnya yang tidak tepat hingga membuat handphone kamu malah jadi cepat rusak. Sebenarnya ada beberapa faktor yang mengakibatkan handphone tidak awet, seperti cara penggunaanya, bahan material yang digunakan maupun usia pada handphone tersebut. Namun, kebanyakan penyebab handphone cepat rusak karena si pemiliknya sendiri yang tidak bisa merawatnya dengan baik.

Lain halnya dengan mereka yang punya budget terbatas dan memiliki banyak kebutuhan yang lebih penting dari itu. Salah satu hal yang perlu dilakukan agar handphone yang baru dibeli bisa bertahan dan awet hingga bertahun-tahun adalah merawatnya dengan cara yang tepat dan benar. Memang bagaimana sih caranya merawat handphone baru yang tepat agar bisa awet? Tenang, Berikut ada beberapa tips and trik cermat yang bisa kamu simak dibawah ini!

Tips Menggunakan Hanpdone Baru

Atur Akun Google atau Apple

Sumber: pinterest.com

Saat ingin install aplikasi-aplikasi yang akan kamu gunakan nanti, biasanya kamu diminta terlebih dahulu untuk masuk ke akun Google atau Apple. Jika kamu belum punya, segeralah buat dan minta bantuan kalau tidak mengerti. Tanpa hadirnya akun Google atau Apple, maka handphone barumu pun hanya sekedar untuk menelpon dan SMS-an saja. Sangat membosankan, bukan?

Instal Aplikasi yang Berguna

Sumber: pinterest.com

Kalau sudah mengaktifkan akun Google atau Apple, kini kamu sudah bisa mengunduh aplikasi-aplikasi yang akan digunakan. Namun, pikirkan terlebih dahulu apa saja yang harus ada di handphone barumu itu. Disarankan untuk mendahulukan aplikasi penting yang nantinya akan selalu kamu gunakan. Ini semua bermaksud untuk memastikan data penyimpanan handphone kamu tidak penuh sebelum mengunduh hal-hal yang berguna. Kalau masih tersisa banyak ruang, kamu boleh instal Mobile Legends, PUBG Mobile atau game favorit lainnya.

Aktifkan Fitur Auto-Update

Sumber: pinterest.com

Ini juga tak kalah pentingnya. Dengan kamu mengaktifkan fitur ini, aplikasi yang kamu instal pun akan selalu mengikuti perkembangan terbaru. Ada baiknya kamu atur fitur auto-update ketika sedang menggunakan WiFi saja. Karena kalau tidak, paket data kamu bisa menjadi korban update otomatis. Akhirnya bikin paket kuota kamu cepat habis, deh. Maka dari itu kamu harus atur auto-update saat sedang memakai WiFi saja ya, guys!

Lindungi Body Handphone dengan Casing

Sumber: pinterest.com

Pada sektor body luar-nya, kamu perlu perlu memberikan casing untuk handphone kamu. Casing berguna untuk melindungi body handphone dari goresan dan benturan jika sewaktu-waktu handphone terjatuh. Dengan begitu, handphone baru mu pun tetap bisa terlindungi dengan baik. Banyak pilihan model, desain dan bahan material yang bisa kamu temui di pasaran. Sehingga kamu pun bisa menyesuaikannya dengan selera masing-masing.

Gunakan Tempered Glass untuk Melindungi Layar

Sumber: pinterest.com

Selain casing, pasang juga pelindung layar pada handphone barumu itu. Tujuannya agar layar handphone-mu tidak mudah tergores atau retak. Paling tidak, kalau handphone jatuh, terbentur atau semacamnya bagian luar handphone kamu tidak akan parah kena dampaknya. Sehingga handphone kamu pun tetap bisa digunakan dengan baik dan tahan lama. Untuk harga tempered glass sendiri tergantung dengan merek handphone yang kamu punya. Bisa kisaran Rp 80 ribu hingga Rp 150 ribuan. Semakin mahal harganya, maka makin kecil kemungkinan layar retak ketika terjadi benturan.

Itulah sekiranya tips and trik yang bisa kamu terapkan pada handphone barumu agar tetap awet dan tahan lama. Semoga bermanfaat!

Bagikan...Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter